About Us

The Breakdance Basic Moves

Pada kesempatan kali ini, saya ingin share  kepada pembaca bagaimana gerakan-gerakan dasar B-Boy atau sering disebut Breakdance. Saya juga membagikan video tutorial bagi yang tertarik untuk berlatih gerakan-gerakan dasar ini. Selamat membaca dan mempelajari.

Gerakan-gerakan dasar dalam Breakdance  antara lain :

          - Freeze Style
          - Toprock
          - Downrock
          - Power Moves





1. Freeze

Freeze adalah gaya yang dipakai di akhir maupun di tengah – tengah tarian kita,frezze gerakan yang sangat – sangat membutuhkan kekuatan fisik, jika fisik tidak terlalu kuat, frezze yang dilakukan juga hanya sebentar (berkisar 1 detik – 3 detik) dan frezze yang di lakukan juga frezze tingkat mudah atau rendah. Contoh gerakan – gerakan frezze : baby frezze, chair, air baby, dll. Di sini breaker’s tidak harus mengikuti ritme dari musik, tetapi jika breaker’s ingin melakukan frezze harus disertai waktu yang tepat agar terlihat lebih baik atau menambah nilai didalam battle.



2. Toprock

Toprock adalah gaya yang bertumpu pada gerakan kaki yang menari-nari, biasanya top rock dilakukan untuk menambah fondasi dari tarian tersebut, Top Rock juga harus mengikuti rythem atau ritme dari lagu yang dimainkan Dj, jadi kita tidak boleh membuat ritme sendiri. Karena dapat mengurangi penilaian jika melakukan battle.


3. Downrock

Downrock merupakan gerakan kaki di lantai. Downrock biasanya ditampilkan dengan tangan dan kaki di atas lantai, seperti toprock yang berlawanan. Pada downrock, penari breakdance menampilkan keahlian pada kecepatan kaki dan mengkombinasikan dengan kontrol footwork . Dasar dari gerakan ini adalah 6-step, dan kombinasi transisi dari gerakan atletis sebagai tenaga gerakan.



4. Power Moves

Power Moves adalah gerakan yang bergantung pada kecepatan, momentum, dan akrobatik. Namun, power moves tidak hanya dapat dimainkan sendiri, power moves dilakukan dengan menggabungkan toprock, downrock, dan freeze. Breakdancing yang fokus pada power moves  pada rutinitas latihannya biasa disebut "head powers".

Ada beberapa tipe power moves :
          - Spins : Back Spin, Shoulder Spin, Air Chair Spin, Head Spin, Hand Spin.
          - Handstands Moves
          - Floats :  Hydro, Jackhammer, Lotus Jackhammer, Super Jackhammer,
                                Darkhammer, Hopping Turtles/Scratching Turtles, dll.
          - Swipes
          - Windmill : Mummies, Nutcrackers, Eggbeaters, Handcuffs, Bellymills, dll.
          - Flares : King Flares/Hopping Flare, Twin-legged Flare, Crossed-legged Flare, dll.
          - Air Moves : Kid Freeze, Icey Ice.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar